Tips

Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Saat ini smartphone memang memiliki nilai candu yang luar biasa bagi setiap orang. Tidak hanya para remaja dan dewasa, bahkan saat ini yang terbilang masih pada usia dini sudah begitu eh miliar dan bahkan hampir tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone.  Nah karenanya, diperlukan cara dan tips agar anak tidak kecanduan gadget seperti handphone.

Pada dasarnya memang smartphone memiliki banyak macam fungsi yang dapat membantu sebagai alat komunikasi dan informasi. Akan tetapi apabila tidak dibatasi, maka akan terjadilah candu yang luar biasa yang dapat mempengaruhi psikis dan psikologi seseorang. Terlebih apa Bila hal tersebut terjadi pada anak yang memang emosinya masih belum bisa diatur. Apabila anak telah mengenal smartphone, maka cenderung anak akan lebih susah untuk lepas dari smartphone tersebut.

Beragam Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Ada banyak sekali efek buruk yang bisa ditimbulkan ketika anak terlalu banyak menghabiskan waktu itu dengan smartphone. Selain akan mempengaruhi prestasi akademik mereka penggunaan smartphone yang terlalu berlebihan juga akan membuat anak sulit untuk berkonsentrasi dan kehilangan kesempatan untuk bermain dan bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Agar hal-hal tersebut tidak terjadi, maka Bunda bisa melakukan cara-cara dan tips agar anak tidak kecanduan gadget di bawah ini:

1. Mewajibkan anak untuk merawat smartphone dengan baik dan benar

Berilah tanggung jawab pada anak untuk merawat smartphone dengan baik dan benar jangan sampai lalai dan tetap waspada terhadap penggunaannya. Tekan kan pada anak bahwa apabila smartphonenya rusak maka ia harus bisa mempertanggungjawabkannya. Demikian hal tersebut akan memberikan dampak agar anak menyayangi barang yang ia miliki.

2. Menggunakan Sistem Parents Control

Penggunaan sistem kontrol ini sangat penting dalam pemilihan provider. Jenis layanan ini dapat membantu orang tua untuk memudahkan dalam mengontrol aktivitas anak ketika menggunakan internet di smartphone mereka masing-masing. Aplikasi yang bisa Bunda pakai yaitu aplikasi screen time parental control yang bisa didapatkan di smartphone Android. Dengan aplikasi ini bunda dapat melihat berapa lama anak mengakses aplikasi yang ada ada di Smartphone mereka.

3. Batasi durasi penggunaan smartphone

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah dengan membatasi durasi penggunaan smartphone pada anak. Jangan sampai anak dengan bebas bisa memainkan smartphone mereka kapan saja. Berikan jadwal dan waktu yang ditentukan agar anak mengikuti aturan yang Bunda tetapkan. Menurut penelitian, anak dengan usia 12 tahun baru boleh memiliki smartphone sendiri. Dengan demikian anak di bawah usia 12 tahun tidak terlalu dianjurkan untuk memiliki smartphone sendiri. Hal ini dikarenakan anak usia di bawah 12 tahun belum bisa mengontrol emosi mereka untuk taat pada peraturan jadwal kapan boleh dan tidak boleh memainkan smartphone. Meskipun demikian anak 12 tahun ke atas juga tidak dianjurkan untuk dibiarkan begitu saja melainkan harus dipantau aplikasi-aplikasi apa saja yang boleh dan tidak boleh diinstal oleh anak tersebut.

4. Menekankan tentang tanggung jawab dan kedisiplinan

Tanggung jawab dan kedisiplinan sangat perlu dimiliki oleh setiap anak. Hal ini bisa diterapkan juga ketika saat penggunaan smartphone. Berikan wawasan dan pengetahuan bahwa terlalu lama menggunakan smartphone juga tidak baik untuk kesehatan. Anak akan mengerti dan mempunyai kesadaran sendiri untuk membatasi penggunaan smartphone dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan Bunda agar anak tidak kecanduan smartphone. Semoga tips agar anak tidak kecanduan gadget diatas dapat membantu bunda ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button